Bluetooth Low Energy

Ditulis oleh on Corner-Archive | - 1/09/2015
Bluetooth Low Energy
Ini gara-gara dulu pernah dibikin bingung sama versi Bluetooth generasi terbaru di SmartWatch Cookoo, jadinya ane tulis di blog.

Apa itu Bluetooth Low Energy?
Bluetooth low energy atau biasa disingkat BLE, Bluetooth v4.0 atau Bluetooth Smart adalah versi bluetooth terbaru yang biasa ditanamkan pada smartphone seperti iOS (Apple) dan Android. Perangkat yang pake teknologi bakal memiliki kemampuan komunikasi bluetooth dengan konsumsi listrik yang sangat rendah sehingga dapat dinyalakan untuk jangka waktu yang lama. Karena teknologi masih tergolong baru, ga semua perangkat smartphone memiliki Bluetooth ini.

Kelebihan BLE? 
  1. Jangkauan yang lebih jauh dari perangkat bluetooth pendahulunya,
  2. Konsumsi daya yang rendah, perangkat menggunakan baterei koin 1000mAh bisa menyala untuk waktu yang lama,
  3. Sistem keamanan yang lebih baik.
Contoh kegunaan BLE?
BLE biasa dipake buat penggunaan jam tangan pintar kayak Sony SmartWatch atau Cookoo Smarwatch buat menghitung detak jantung, notifikasi pesan masuk dll. Pengguna iOS bisa menikmati teknologi ini mulai dari hh ber-SDK iOS 5 dan Android bisa menikmati mulai dari Android Jelly Bean 4.3 (API Level 18). Namun gara-gara teknologi Bluetooth Low Energy ini masih tergolong baru, bagi pengguna Android harus bersabar karena kebanyakan device Android yang beredar di Indonesia baik merek terkenal maupun lokal masih menggunakan Android Jelly Bean 4.2.2[Versi Android].

Pengalaman pribadi : Kakak ane pernah beli Cookoo Smartwatch, tapi gara2 Sony Xperia C-nya masih pake android v4.2.2 (belum ada updetan dari Sony), Cookoo-nya ga bisa konek. Akhirnya dipake di tablet Samsung. :p Tapi bener-bener hebat loh batereinya awet sampe beberapa bulan ini(Cookoo-nya pake baterai koin).
Kategori : Android , Developer , Teknologi

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon menggunakan kata-kata yang baik ^^